Langsung ke konten utama

Drama Korea : Sebuah Totalitas yang Mengagumkan

Jewel in the Palace, Good Doctor, I Hear Your Voice, Obstetrics & Gynecology Doctors (ObGyn) adalah sederet drama korea yang menurut saya adalah drama-drama dengan totalitas acting, peralatan, dan jalan cerita yang matang. Jika kita menonton drama-drama ini kita akan disuguhkan tayangan yang tidak hanya apik, menarik tapi kita juga akan dididik. Korea, menurut saya adalah Negara yang sangat pantas dijadikan sebagai contoh atau trendsetter dalam bidang perfilman khususnya drama yang menarik, tidak membosankan, jalan cerita yang tidak bisa ditebak sekaligus juga kita bisa belajar banyak hal dari drama-drama tersebut.
Drama-drama yang saya sebutkan adalah drama yang sudah pernah saya tonton dan nikmati sekaligus sebagai bahan pengetahuan saya tentang kehidupan Korea.
Jewel in the Palace
1381333250931867405
Jujur saja, drama ini adalah salah satu drama favorit saya. Drama ini menceritakan bagaimana kehidupan dayang memasak dan juga kehidupan tabib wanita dalam masa Dinasti kerajaan Joseon. Totalitas yang disampaikan dari drama ini adalah bagaimana kita disuguhkan tayangan lengkap dengan prakteknya mengenai makanan tradisional Korea. Adegan masak-memasak ditampilkan dengan total, bagaimana cara Dae Jang Geum memotong sayuran, membuat acar, dan juga tata tradisional dalam menyajikan makanan. Selain itu, totalitas juga ditunjukkan dengan tetap menggunakan banyak talent tanpa memikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Setting kerajaan yang sempurna ditambah dengan teknik kamera yang mumpuni menambah nilai historis drama ini semakin menonjol.
Good Doctor, Obstetrics & Gynecology Doctors
13813335861898284982
ObGyn/asianwiki.com
Kedua drama ini bercerita tentang dunia kedokteran. Good doctor adalah drama tentang seorang penderita autis yang berhasil menjadi seorang dokter bedah anak. Cerita utama dalam drama ini adalah tentang penyakit yang diderita oleh anak-anak dan pasti akhirnya harus dioperasi. Pasti, karena garis besar cerita ini tentang pengoperasian penyakit yang diderita anak-anak. Obstetrics and gynecology doctors juga sebuah drama dengan setting rumah sakit, namun berbeda kasus yang ditangani. Sama-sama berurusan dengan anak, tetapi Obgyn (drama ini biasa disingkat demikian) lebih berfokus pada ibu hamil dan kelahiran anak. Kasus-kasus yang ditangani adalah kasus kehamilan yang aneh, penyakit bayi di dalam kandungan, dan lagi-lagi mereka harus dioperasi.
Totalitas drama ini benar-benar saya acungi jempol. Bagaimana tidak, saya menjadi tahu bagaimana proses operasi yang terjadi pada ibu dan anak. Jika di Indonesia proses persalinan hanya sebatas persalinan biasa, pada drama Obgyn ditampilkan proses operasi yang komplek. Dengan memperlihatkan peralatan rumah sakit yang sangat modern, kemudian teknik-teknik operasi juga diperlihatkan dengan jelas. Bahkan tusukan pisau ketika membedah perut pasien dilakukan seakan-akan memang sedang ada proses operasi dan dilakukan shooting. Darah yang terciprat juga terlihat sangat nyata dan alami seperti darah segar manusia.
13813337141054592667
Good Doctor/asianwiki.com
Demikian juga dengan drama Good Doctor, proses operasi anak-anak benar-benar diperlihatkan. Tusukan pisau, penggunaan alat-alat operasi yang saya kurang tau namanya, dan juga istilah kedokteran yang ada. Penonton diajak untuk belajar bersama tentang dunia kedokteran. Istilah kedokteran yang asing ditampilkan pengertiannya di layar kaca, sehingga kita sebagai penonton sama-sama belajar penyakit jenis apa sih yang dialami pasien, operasi bentuk apa yang dilakukan untuk menindaklanjuti penyakit itu, dsb.
I Hear Your Voice
13813338481446779564
I Hear Your Voice/asianwiki.com
Drama ini berkisah tentang seorang anak yang bisa membaca pikiran orang lain. Dia bisa membaca apa yang orang pikirkan dengan melihat matanya. Namun titik fokus saya bukan dengan kisah anak ini, tetapi kisah tentang seorang pengacara publik di Korea Selatan.
Lagi-lagi saya tertegun, kok bisa ya ada film sekeren ini? Apa pasal? Film ini berkisah tentang seorang pengacara publik di Korea Selatan dan berbagai macam kasus yang dialami oleh kliennya. Seperti film tentang kedokteran di atas, penonton juga disuguhkan edukasi mengenai istilah-istilah hukum yang perlu diketahui. Jadi ketika ada pembicaraan mengenai istilah hukum yang ada, disediakan semacam subtitle maksud dari istilah tersebut.
Indah ya? Menonton drama saja kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang istilah-istilah berbagai bidang. Mengapa Korea maju? Asumsi saya adalah tidak adanya pembodohan, justru masyarakat diajak bersama-sama untuk memahami istilah-istilah penting baik dari dunia kedokteran maupun masalah hukum. Sehingga media televisi menjadi sarana yang sangat efektif dan bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan Panggilan Di KOREA (Kata ganti Orang)

di Korea kan banyak tuh kata-kata panggilan buat seseorang mulai dari Kakak ampe…nenek… hohoho…. sekarang aku mau bahas ini di sini… yaaah sekalian kita belajar…. jangan sampai kita salah nyebut orang… hehehehe yuk..cekidot ^^ eommonim(Baca: Ommonim)/ Eommoni: Ini panggilan buat ibu. bahasa ini formal banget. biasanya dipake buat anak yang nunjukin rasa hormat sama ibunya. kadang juga dipake sama menantu pada mertuanya. Eomma (Baca: Omma): klo ini panggilan akrab anak sama ibunya. ini nunjukin kalo hubungna anak dengan ibunya tuh deket banget. Aboji / Abonim: Klo ini panggilan anak kepada ayahnya. ini sama formalnya dengan eommonim. ini juga digunain buat nunjuki rasa hormat kepada sang ayah. Appa: Kalo ini panggilan akrabnya, antara anak dan ayah. Haraboji: Ini panggilan buat kakek. karena kakek itu yang paling tua di dalam istilah keluarga sudah pasti bahasa yang digunakan itu bahasa formal. dan ini termasuk sebutan formal untuk kakek. Halmoni: Ini panggilan buat Nenek. pr

Kamus Istilah – Istilah dalam FF ‘Length, PG , Chap, One Shot’

ISTILAH-ISTILAH DALAM FAN FICTION Hola^^ saya selaku author paling labil dan gaje ingin bow sebentar… *bow* dah kelar. Bagi kalian nih yang suka nulis FF alias Fanfiction.. aku punya berbagai istilah dalam dunia ke FF-an yang kalian mungkin masih belom ngeh.. atau yang menganggapnya gini ‘apa itu yadong?’ ‘ohh, merek yupi ya?’ ‘hah yaoi? Kok kayak nama sejenis ikan gitu ya?’ ‘apa merek shampoo masuk FF ckck’ Dan jika kalian termasuk orang kepo yang menyebalkan.. daripd ngepoin para pakar FF yg sentimental mending cekidot aja kamus istilahnya disini ya^^ monggo :D Ket: Tulisan ini sepenuhnya di copy-paste dari sini^^ FAN FICTION Fan Fiction atau biasa disebut fanfic, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak. Plot s

Penggunaan sufiks dalam nama-nama korea (-ah,-ya, ie, -ssi, nim)

1. -ah, -ya Adalah suffix yang biasanya digunakan untuk memanggil nama orang yang sederajat atau lebih rendah derajatnya dengan kita. Nama berakhiran konsonan memakai akhiran –ah, contoh : Shinong-ah. Sedangkan nama berakhiran vokal memakai akhiran –ya. Contoh : Donghae-ya. Diingatkan, suffix ini tidak boleh digunakan kepada orang dengan status sosial lebih tinggi. 2. -ie Adalah akhiran yang melekat pada akhir nama seseorang sebagai tanda kedekatan dan kasih sayang. Suffix ini hanya digunakan kepada nama-nama yang berakhiran konsonan saja, bukan berakhiran vokal. Contoh : Kibumie, Siwonie, Hyukie, Sungminie. (tidak memakai tanda -) Akhiran ini juga dapat dipakai dengan penggunaan seperti : Siwonie-hyung, Sungminie-hyung. 3. -ssi Akhiran –ssi digunakan kepada orang yang lebih tinggi derajatnya atau kepada orang yang kita hormati. Contoh : Leeteuk-ssi, Kangin-ssi. 4. -nim Suffix ini adalah sebuah panggilan formal. Biasa digunakan oleh saudara sedarah. Tapi se