Langsung ke konten utama

MAKGOELLI,minuman beralkohol tradisional Korea



Lalalalala Yeyeyeyee...hayLooooo Liputers ku yang setia, Helda pemandu wisata kota Seoul kembali hadir dihadapan Liputers sekalian, kali ini aku akan kembali mengajak kalian semua mengenal Korea lagi, jika kemarin aku membahas minuman beralkohol Soju yang populer itu, nah sekarang yang kalian harus ketahui adalah ada lagi minuman beralkohol yang tradisional bernama MAKGEOLLI. Makgeolli adalah minuman beralkohol tertua di Korea dengan sejarah yang dalam. Orang korea suka meminumnya bersama-sama (coba lihat, biasanya mangkuknya selalu disajikan dengan sendok)
 
Nama “makgeolli” dibuat karena proses penyaringannya cepat dengan menggunakan beras dan air. Makgeolli kadang-kadang disebut dengan “takju” dan sebenarnya ada banyak nama lain yang mirip tapi dibuat dengan sedikit variasi dalam resepnya liputers.

Nah, berhubung para liputerku tercakep ini mungkin belum pernah mengenal dan mencoba makgeolli, mari Helda sebagai pemandu wisata kota Seoul dan ditunjuk sebagai duta “makgeolli” tidak resmi disini, akan sedikit mengajak para liputers merasakan sensasi rasanya.

Pertama warna makgeolli ini putih seperti susu, rasanya sedikit berkarbonasi dan menyegarkan tapi sewaktu kita telan,rasanya lembut seperti susu atau yogurt, setelah meminumnya, perut kamu bakalan terasa enak dan penuh energi..... kya....kya...kya...semangat!!!
 
Just info : Korea berada di peringkat ke 8 di dunia untuk pengkonsumsian alkohol. 1 orang Korea rata-rata meminum 150 botol alkohol dalam setahun. Mungkin ini kelihatan sedikit berlebihan, tapi setidaknya orang Korea meminumnya ga sendirian, tapi rame-rame dengan yang lainnya. Maklum Liputers, orang Korea ini penuh dengan kebersamaan dan kasih sayang.

Deman Makgeolli di Korea
Belakangan terjadi perubahan besar di pasar alkohol Korea, perubahan itu adalah deman makgeolli khususnya. Makgeolli ini populer di kalangan anak muda maupun orang asing. Alasan utama adalah rasa makgeolli lebih cocok dimulut dari pada soju. Terutama berkat bahat berkualitas tinggi yang digunakan untuk membuatnya Liputers. Makgeolli sangat populer di Jepang, dimana mereka membuat koktail dari makgeolli.

Tergantung Korea mana kamu berasal, makgeolli dapat disebut juga sebagai jaetnaegisul, taekbaegi, takju, nongju, atau jaegu. Makgoelli dibuat dengan sederhana dan murah sehingga setiap orang dapat menikmatinya. Dalam proses fermentasi, akan berkarbonasi alami, makanya sangat menyegarkan sewaktu siap diminum karena beras dan raginya tertelan sangat lembut ditenggorokan dan mempunyai rasa asam yang menarik. Makgeolli juga mengandung banyak nutrisi, singkatnya murah,lezat dan juga bergizi.

Wanita generasi 20-an di Jepang, mereka ini paling banyak minum makgeolli dicampur dengan koktail.
 
Belakangan ini memang lagi demamnya makgeolli di Korea dan mengekspornya ke luar negeri , ke Jepang terutama. Jumlah ekspornya semakin meningkat dan popularitasnya semakin memuncak sekarang.

Yuuuu belajang tentang makgeolli
Sebagai pemandu wisata kota Seoul yang sejati, aku akan membawa para Liputers untuk menelisik lebih dalam tentang makgeolli. Walaupun aku duta tidak resmi untuk makgeolli ini tapi setidaknya aku sudah mampu membuka cakrawala pengetahuan kalian tentang kota Seoul dan makgeolli khususnya.

Pertama, kandungan alkohol pada makgeolli lebih rendah dibandingkan dengan minuman beralkohol lainnya. Jadi sakit kepala kamu ga bakalan seburuk ketika minum minuman beralkohol lainnya. Dan hanya berisi beberapa bahan penting ditambah asam amino esensial, juga kaya akan protein organik. Protein ini plus vitamin B bagus banget buat kulit, makanya ini juga alasan kenapa wanita Jepang suka minum makgeolli ini. Protein organik ini membuat makgeolli terasa segar dan juga membantu merevitalisasi metabolisme kamu.

Dan masih ada lagi, kamu bakal lihat ada beberapa jenis ampas yang jatuh ketika minum makgeolli, nah... ampas ini mengandung nutrisi, membantu mencegah kanker, dan baik untuk hati, makanya harus dikonsumsi juga yah Liputers. Dan juga membantu melancarkan peredaran darah dengan baik. Dan kalau kamu merasa lelah, kamu akan baikan ketika meminum semangkuk makgeolli. Makanya dulu petani suka meminum makgeolli bersama-sama sesudah bekerja.

Pembuatan makgeolli adalah sebuah sains
Pembuatan makgeolli mungkin terlihat mudah, cukup hanya dengan menggunakan beras dan ragi. Namun sebenarnya pembuatan makgeolli membutuhkan banyak penelitian dan pengetahuan ilmiah agar terasa lebih nikmat. Pertama, tambahkan ragi alami yang disebut dengan "gokja" dan tambahkan agrobakteria yang disebut dengan "ibguk" untuk membuat rasa makgeolli lebih enak. Salah satu alasan mengapa pembuatan makgeolli adalah sebuah sains adalah karena ragi ditambahkan bukan hanya untuk lama masa penyimpanan, tapi juga untuk rasa.

Jadi, Asosiasi Manufaktur Takju, Seoul, mempunyai pabrik-pabrik yang mendalami produksi ragi. Tangki fermentasi dan sistem komputer yang terbaru digunakan sehingga makgeolli difermentasi pada 25 derajat Celsius konstan, dan akhirnya makgeolli dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Dikatakan juga kalau rasa makgeolli terbaik dapat ditemukan pada musim semi. 

Mempelajari pembuatan makgeolli
Hahhh...sudah lumayan jauh ya penjelasan tentang minuman satu ini, nah Liputers masih punya energi kan untuk mengetahui makgeolli lebih dalam, saya sebagai pemandu terbaik akan memberi tahukan kalian dalam pembuatan makgeolli, supaya tidak tanggung-tanggung ilmu yang kalian peroleh dari tulisanku ini. Baiklah tanpa banyak basa-basahan, mari cekodod....

Pertama-tama membuat makgeolli dengan kualitas beras yang baik. Setelah tahun 1992, barulah ditemukan rasa sejati dari makgeolli dengan menggunakan beras yang baik. Dan dengan beras ini mereka memasaknya dan bahan ini adalah bahan terpenting di makgeolli. Kemudian beras, gandum, dan air dicampur dengan alkohol mentah lalu ditambahkan ragi untuk proses fermentasi.
 
Campurab ini diaduk secara menyeluruh 3 kali sehari agar mendapatkan oksigen yang cukup ini juga dapat menghilangkan gumpalannya. Setelah fermentasinya selesai, bahannya kemudian disaring kedalam tong, dan terakhir makgeolli bersih dan segar dimasukkan kedalam botol oleh mesin otomatis.

Bangkitnya tradisionalisme di Korea

Makgeolli awalnya diciptakan pada saat Korea sedang menderita kekurangan makanan, tetapi baru-baru nilai dan keunggulan minuman sedang diakui sekali lagi. Walaupun, makgeolli masih belum menjadi komersial hit besar, tapi terdapat harapan bahwa makgeolli akan menjadi minuman perwakilan dari Korea karena adanya minat hidup dalam tradisionalisme.

Gyemyeongju (Yeotakju)

Gyeomyeongju secara harfiah berarti diseduh di malam hari dan siap diminum ketika ayam berkokok pada pagi hari. Selain beras, mereka menggunakan jagung atau sorghum (mirip dengan jagung) yang dibuat menjadi bubur dan kemudian ditambah gandum, ragi, dan jarum pinus. Jarum pinus memberi aroma unik Gyemyeongju yang disebut Yeotakju.

Gwahaju, wine musim panas

Alkohol ini memiliki rasa dan aroma yang disukai oleh raja-raja era Joseon. Minuman ini diberi nama 'Gwahaju' karena minuman ini dinikmati terutama saat musim panas. Gwahaju dibuat menggunakan jumlah yang sama dari beras ketan dan ragi / tepung campuran dan dimasukkan ke botol selama 1-3 bulan untuk fermentasi. Kandungan alkohol menjadi sekitar 13-14 persen dan memiliki rasa dan aroma yang spesial.

Andong Soju

Andong Soju adalah salah satu minuman yang paling terkenal dari seluruh minuman keras tradisional korea dan diturunkan dari era Joseon. Beras, gandum, millet, sorghum dan kedelai dicampur dan dikukus untuk membuat rebusan beras. Kemudian ragi dicampur dan difermentasi. Alkohol ini kemudian diambil dan disuling, dan hasilnya adalah soju. Andong Soju mengandung sekitar 45% alkohol, merupakan alkohol tradisional dengan kadar alkohol tertinggi dan dikatakan baik untuk desinfektan luka dan membantu menyembuhkan sakit perut, hilangnya nafsu makan, dan gangguan pencernaan. Minuman ini juga dikenal untuk resep obat. 
Diantara minuman ini, soju adalah minuman yang paling sering diminum bersama-sama. Dan kalau ada yang belum tau, wanita-wanita yang kamu lihat di iklan-iklan soju ini adalah selebriti Korea yang paling populer. Kalau kamu mengikuti budaya K-Pop dan tau siapa saja bintang populernya pastikan untuk memeriksa iklan soju sebelumnya.
                            


Surga makgeolli
Yaitu pasar Gwangjang. Banyak banget yang bisa ditemui disini, ada martabak goreng, kaki babi, usus babi, kimbap, boribap, dll
 
Tempat ini adalah surganya pencinta kuliner, makan-makanan menumpuk kayak gunung, pasar ini sangat berbeda dengan pasar turis insandong atau namdaemun. Pasar ini benar-benar lokal dimana orang korea setiap harinya datang untuk membeli dan menjual barang-barang.

Pasar Gwangjang memiliki sejarah 100 tahun dan tak hanya terkenal dengan pasar baju-baju vintage dan kainnya,
tapi juga terkenal sebagai pasar yang menjual makgeolli. Kios-kios ditata rapih berbaris dan menawarkan beragam
makanan yang dijual dengan harga terjangkau. Makanan yang cocok dengan makgeolli seperti gorengan atau martabak, 
ada di gerbang utara 2, kaki babi atau usus babi, ada di gerbang selatan 1.

Jam buka: 09:00~23:00 (Jam tutup tergantung kapasitas pelanggan)
Rute: Stasiun Jongno 5-ga Line 1 exit 8 dan berjalan 5 menit. Stasiun Euljiro 4-ga Line 2 dan berjalan 15 menit. 

Etika minum di Korea 

Di Korea, budaya Konghucu telah memiliki pengaruh yang besar pada hal-hal yang berhubungan dengan usia karir dan hal lain seperti urutan peringkat. Bahkan budaya minum yang diikuti dengan aturan Konfusius, menjadi penting untuk kita mengetahui etika. Mungkin kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk minum bersama teman sebaya daripada dengan orang yang lebih tua, tapi alangkah baiknya jika kita mempelajari etika ketika minum untuk sekedar berjaga-jaga. Dengan cara seperti itu, kamu tidak akan pernah beresiko yg mempengaruhi reputasi kamu karena sangat penting untuk selalu menghormati yang lebih tua di dalam masyarakat Korea.

Ketika menuangkan minuman keras

Etika minum di Korea adalah orang yang lebih muda menuangkan minuman kepada yang lebih tua. Ketika kamu menuangkan alkohol, kamu harus menggunakan kedua tangan dan mengisi gelas senior kamu sekitar 80%. Disini, tangan kiri menopang botol, dan tangan kanan di atas layaknya menutupi merk botol tersebut dan dituang perlahan-lahan. Kalau kamu menuangkan minuman selain dari botol, misalnya teko, tangan kanan harus menopang pegangan teko.

Ketika menerima minuman keras

Ketika seseorang menuangkan alkohol untuk kamu, kamu harus menggunakan kedua tanganmu untuk memegang gelas. 
ketika gelasmu sudah terisi penuh, anggukkan kepalamu, kemudian balikkan tubuhmu dari orang yang menuangkan minuman kepadamu lalu minum. Setelah selesai, orang yang menuangkan minuman kepada kamu akan menilai situasi dan memutuskan apakah atau seberapa banyakkah ia akan menuangkan minuman kepadamu.
 nah, akhirnya usai sudah pertualangan Liputers bersama pemandu wisata kota Seoul ini, tapi jangan sedih, nanti aku akan memberikan info-info menarik lainnya seputar Korea.

Helda pamit dan beribu ucapan terima kasih untuk kalian Liputersku yang tidak bosan-bosan membaca blog ini. Aku senang dan bersemangat. Bersulang Makgoelli......cheerssss....

Terima kasih juga buat stasiun radio terbesar di Korea KBS World yang sudah memberi inspirasi dan berbagai macam info-info menariknya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan Panggilan Di KOREA (Kata ganti Orang)

di Korea kan banyak tuh kata-kata panggilan buat seseorang mulai dari Kakak ampe…nenek… hohoho…. sekarang aku mau bahas ini di sini… yaaah sekalian kita belajar…. jangan sampai kita salah nyebut orang… hehehehe yuk..cekidot ^^ eommonim(Baca: Ommonim)/ Eommoni: Ini panggilan buat ibu. bahasa ini formal banget. biasanya dipake buat anak yang nunjukin rasa hormat sama ibunya. kadang juga dipake sama menantu pada mertuanya. Eomma (Baca: Omma): klo ini panggilan akrab anak sama ibunya. ini nunjukin kalo hubungna anak dengan ibunya tuh deket banget. Aboji / Abonim: Klo ini panggilan anak kepada ayahnya. ini sama formalnya dengan eommonim. ini juga digunain buat nunjuki rasa hormat kepada sang ayah. Appa: Kalo ini panggilan akrabnya, antara anak dan ayah. Haraboji: Ini panggilan buat kakek. karena kakek itu yang paling tua di dalam istilah keluarga sudah pasti bahasa yang digunakan itu bahasa formal. dan ini termasuk sebutan formal untuk kakek. Halmoni: Ini panggilan buat Nenek. pr

Kamus Istilah – Istilah dalam FF ‘Length, PG , Chap, One Shot’

ISTILAH-ISTILAH DALAM FAN FICTION Hola^^ saya selaku author paling labil dan gaje ingin bow sebentar… *bow* dah kelar. Bagi kalian nih yang suka nulis FF alias Fanfiction.. aku punya berbagai istilah dalam dunia ke FF-an yang kalian mungkin masih belom ngeh.. atau yang menganggapnya gini ‘apa itu yadong?’ ‘ohh, merek yupi ya?’ ‘hah yaoi? Kok kayak nama sejenis ikan gitu ya?’ ‘apa merek shampoo masuk FF ckck’ Dan jika kalian termasuk orang kepo yang menyebalkan.. daripd ngepoin para pakar FF yg sentimental mending cekidot aja kamus istilahnya disini ya^^ monggo :D Ket: Tulisan ini sepenuhnya di copy-paste dari sini^^ FAN FICTION Fan Fiction atau biasa disebut fanfic, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak. Plot s

Penggunaan sufiks dalam nama-nama korea (-ah,-ya, ie, -ssi, nim)

1. -ah, -ya Adalah suffix yang biasanya digunakan untuk memanggil nama orang yang sederajat atau lebih rendah derajatnya dengan kita. Nama berakhiran konsonan memakai akhiran –ah, contoh : Shinong-ah. Sedangkan nama berakhiran vokal memakai akhiran –ya. Contoh : Donghae-ya. Diingatkan, suffix ini tidak boleh digunakan kepada orang dengan status sosial lebih tinggi. 2. -ie Adalah akhiran yang melekat pada akhir nama seseorang sebagai tanda kedekatan dan kasih sayang. Suffix ini hanya digunakan kepada nama-nama yang berakhiran konsonan saja, bukan berakhiran vokal. Contoh : Kibumie, Siwonie, Hyukie, Sungminie. (tidak memakai tanda -) Akhiran ini juga dapat dipakai dengan penggunaan seperti : Siwonie-hyung, Sungminie-hyung. 3. -ssi Akhiran –ssi digunakan kepada orang yang lebih tinggi derajatnya atau kepada orang yang kita hormati. Contoh : Leeteuk-ssi, Kangin-ssi. 4. -nim Suffix ini adalah sebuah panggilan formal. Biasa digunakan oleh saudara sedarah. Tapi se