Langsung ke konten utama

ALL ABOUT KOREA






Maria Margareta
HANJI

Hanji adalah kertas tradisional yang dibuat dengan cara khusus Korea. Kertas itu telah digunakan sejak 1600 tahun silam dan orang Korea menggunakan Hanji dalam berbagai perlengkapan sehari-hari dan keperluan rumah tangga mulai dari buku, dinding, jendela, lantai, sampai peti jenazah. Pada umumnya Hanji itu dibuat dari pohon Mulberi. Pertama-tama, batang pohon Mulberi yang akan digunakan harus ditebang antara bulan November dan Februari, kemudian direndam dalam air selama 1 malam sampai kulitnya mengelupas. Setelah mengelupas, kulit tersebut dikeringkan, kemudian direndam lagi dalam air dingin dan jernih. Kulit kayu yang telah mengelupas kemudian direbus bersama campuran jerami gandum dan jerami padi, lalu ditumbuk dan disaring. Hasil saringan akan menjadi kertas dan kemudian dikeringkan. Kertas itu sedikit tebal dibandingkan dengan kertas-kertas lain dan agak keras. Maka, kertas itu dapat dipakai untuk bahan-bahan seperti itu. Tapi, Hanji tahan lama dan mampu bertahan selama 1000 tahun. Salah satu bukti daya tahan Hanji adalah masih tersisanya buku cetak tertua di dunia, Jikji yang diterbitkann pada tahun 1377 yang disimpan di Perpustakaan Nasional Prancis, Paris serta teks sutra Buddha Mugujeonggwang Daedaranigyeong pada tahun 751 yang merupakan Memori Warisan Dunia UNESCO.

SIARAN ANALOG DAN DIGITAL DI KOREA

Mulai tahun ini semua stasiun TV penyiaran di Seoul menggunakan sistem teknologi penyiaran dengan teknologi digital khususnya pada sistem perangkat studio untuk memproduksi program, melakukan penyuntingan, perekaman dan penyimpanan data. Pengiriman sinyal gambar, suara dan data telah menggunakan sistem transmisi digital dengan menggunakan pemancar. Sistem transmisi digital melalui pemancar ini menggunakan standar yang disebut DVB-T. Kalau menggunakan teknologi digital itu, mutu video dan audio menjadi lebih baik. Selain itu, sistem digital memungkinkan siaran memiliki multi fungsi selain memiliki mutu video dan audio siaran yang baik. Siaran digital dapat digabungkan dengan fungsi telekomunikasi. Misalnya, ditambahkan tulisan dan bahasa isyarat pada layar. Sambil menonton satu program televisi, pemirsa dapat mencari informasi baru yang ditemukan dalam program yang sedang ditonton itu dengan televisi. Atau juga berbelanja dalam siaran program penjualan barang dari homeshopping sambil menonton sinetron di chanel lain. Untuk menonton siaran digital, pesawat televisi digital atau televisi smart dapat digunakan untuk menonton siaran digital. Kalau tidak mempunyai televisi digital, perlu alat DVB-T untuk menerima sinyal digital untuk pesawat televisi yang masih analog.

CARA MENDAPATKAN SIM DI KOREA

Di Korea juga ada 3 tes, pemeriksaan kesehatan, tes tertulis dan tes praktek. Selain itu, ada satu proses yang harus diikuti, yaitu pendidikan keselamatan lalu lintas. Pendidikan itu merupakan tahap pertama untuk mengurus SIM. Para peminatnya wajib mendapat pendidikan keselamatan lalu lintas itu sebelum mengikuti ketiga tes SIM tersebut. Sesudah pendidikan itu, peminat ikut pemeriksaan fisik yang terdiri dari daya penglihatan, daya pendengaran, gerakan tangan dan kaki. Pemerksaan itu bertujuan untuk mengetahui keadaan fisik peminat apakah layak untuk mengemudi dengan selamat. Biasanya, pemeriksaan itu dilakukan di rumah sakit yang sudah ditetukan oleh Badan Keselamatan Lalu lintas Jalan. Kemudian peminat baru bisa mengikuti tes tertulis dan nilai minimum yang perlu diperoleh peserta adalah 60 dari 100. Tahap beriutnya adalah tes praktek yang dianggap paling sulit. Di Korea, ada dua tes praktek yang harus diikuti. Setelah lulus tes yang melewati jalan yang sudah disediakan, peserta harus ikut tes mengemudi di jalan nyata sepanjang 5 km. Kalau sudah lulus kedua tes praktek baru, peserta bisa memiliki SIM.

KEGIATAN MUSIM DINGIN DI KOREA

Hari Natal biasanya lebih diperhatikan umat Kristen. Jadi merekalah memiliki berbagai acara istimewa sesuai dengan agamanya. Tapi masing-masing pemerintah daerah merayakannya dengan memasang pohon Natal raksasa di alun-alun dalam kota. Disamping itu, berbagai jenis acara pertunjukan seni budaya diadakan dengan tema hari Natal dan musim dingin. Penyanyi-penyanyi, baik senior maupun idola juga mengadakan konser musik dengan tema hari natal, akhir tahun, dan musim dingin. Sementara di beberapa daerah pegunungan dimana banyak salju turun didakan bermacam-macam acara istimewa bertema salju seperti pertunjukan seni budaya, pameran karya es dan salju, makanan khas daerahnya atau yang cocok disantap pada musim dingin. Khususnya, Festival ikan Bingeo Injea adalah menangkap ikan bernama Bingeo dengan melubangi es yang menutupi sungai. Para peserta asyik menangkap ikan sekecil ikan teri itu, lalu dimakan sesudah dibakar.

BUAH MUSIM DINGIN

Tidak ada cara khusus untuk mengawetkan buah-buahan. Hanya disimpan di dalam tempayan di luar ruangan. Sebenarnya pada masa lalu tidak begitu beragam jenis buah seperti saat sekarang. Dan masyarakat di masa lalu tidak begitu banyak mengonsumsi buah-buahan. Oleh sebab itu, pengawetan buah-buahan tidak dikembangkan. Salah satu yang unik dan istimewa adalah mengeringkan buah kesemak. Buah kesemak yang dikeringkan itu disebut Gotgam dan dapat bertahan lama. Maka, buah kesemak kering itu menjadi buah yang dinikmati pada musim dingin. Buah kesemak yang disebut Gam dalam bahasa Korea itu biasanya dihasilkan pada musim gugur. Ada tiga jenisnya, yaitu kesemak lembut dan lembek disebut Hongsi, kesemak keras disebut Dangam, dan kesemak dikeringkan Gotgam. Kesemak Hongsi itu dibuat dengan cara mematangkan kesemak setelah dipetik dari pohon saat belum matang. Kesemak Dangam adalah yang matang alami pada pohonnya. Kemudian, Gotgam dibuat dengan cara kesemak kering dikupas, kemudian diikat dengan benang dalam jumlah satuan 10. Kesemak itu digantung di luar dimana angin bertiup supaya buah itu kering dengan angin secara alami. Di zaman sekarang Gotgam termasuk buah yang mewah dan berharga mahal karena proses pembuatannya cukup merepotkan dan tidak banyak komsumsi Gotgam itu daripada masa lalu.

PERFILMAN DI KOREA

Menurut bidang perfilman Korea, dukungan pemerintah belum memuaskan. Pihak pemerintah berupaya menyediakan peraturan yang dapat mendukung pembuatan film dengan lebih aktif dan mudah. Mulai pada tahun 1967, Korea telah menerapkan Screen Quota System, atau sistem pembatasan jumlah hari wajib pemutaran film buatan Korea Selatan. Pada awalnya, jumlah hari wajib pemutaran film Korea adalah 146 hari dan sistem itu dibutuhkan hingga tahun 1990-an untuk mempertahankan keberadaan film Korea, karena masih tidak aktif menanamkan modal untuk industri perfilman dalam negeri. Pada tahun 2006, jumlah hari wajib pemutaran film buatan Korea dalam satu tahun dikurangi menjadi 73 hari. Namun sebagian orang di bidang perfilman termasuk aktor dan aktris menentang sistem itu dengan alasan film yang kurang bersaing pun dipertahankan dengan sistem itu, maka hal itu dinilai tidak dapat memajukan perkembangan perfilman Korea. Sementara untuk melakukan syuting di suatu tempat, perlu mencari tempatnya dahulu, kemudian kontak dengan petugas atau pemilik. Biasanya meminjam satu tempat shuting, perlu dibayar sesuai dengan persyaratan dan situasinya. Jika meminjam taman nasional dan kawasan warisan budaya, katanya biayanya sangat mahal.

MUSIM GUGUR DI KOREA

Pada saat musim gugur pada umumnya, cuacanya sangat bagus. Angin bertiup tapi tidak kencang, hujan tidak banyak turun, maka langit di musim gugur kelihatan lebih biru dan cerah. Unsur-unsur iklim itu warna dedaunan berubah indah menjadi kekuningan dan kemerahan. Dan kemudian dedaunan yang menjadi kering akan gugur lalu menutupi jalan. Orang-orang senang berjalan kaki di jalan yang ditutupi dedaunan gugur itu dengan iseng-iseng. Sambil berjalan-jalan, mereka dapat berpikir macam-macam. Dan kadang-kadang, mereka membuat puisi dalam alam yang indah itu. Suasana itulah dapat digambarkan romantis. Pada musim itu masyarakat Korea suka membaca dan berjalan-jalan ke pegunungan untuk melihat dedaunan berwarna-warni yang indah. Perjalanan seperti itu biasanya disebut Danpungnori. Danpung adalah dedaunan berubah warna pada musim gugur dan Nori adalah permainan. Jadi, mereka menganggap bahwa melihat dedaunan indah itu sebagai satu permainan.

GOLONGAN DARAH

Selain di rumah sakit atau saat mengisi formulir, warga masyarakat Korea menanyakan golongan darah orang lain dalam pertemuan biasa. Mereka percaya bahwa beraneka ragam golongan darah yang dimiliki manusia ternyata menimbulkan berbagai macam karakter dan sifat dari manusia itu sendiri. Seseorang dengan golongan darah A memiliki karakter kuat dan selalu tenang dalam kondisi panik sekalipun. Orang ini biasanya pemalu dan terkadang suka mengasingkan diri. Sangat sopan dan bertanggung jawab. Seseorang dengan golongan darah B dinilai paling praktis dan terkesan menyepelekan keadaan. Biasanya, mereka menjadi spesialis di bidang pekerjaannya, namun cenderung kurang kooperatif. Mereka biasanya tidak suka dengan peraturan yang mengikat dan bergerak sesuai keinginannya. Seseorang dengan golongan darah AB dianggap sebagai tipe darah terburuk. Mereka ingin mengekspresikan kondisi mereka sendiri dan memiliki sifat untuk lari dari persoalan. Mereka dingin, terkontrol dan rasional, namun tidak dapat memilih dan kritis. Seseorang dengan golongan darah O memiliki karakter terbuka, energik dan sosial. Mereka paling fleksibel dibandingkan tipe lain. Orang tipe ini suka menjadi pusat perhatian. Mereka mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya secara jujur. Menurut beberapa penelitian, golongan darah mempengaruhi karekter dan sifat manusia. Tapi, ada juga ahli-ahli yang mengatakan bahwa kepribadian itu tumbuh bukan berdasarkan golongan darah, tetapi pembentukan sejak lahir sampai dewasa serta pengaruh dari lingkungan sekitarnya masing-masing.

LEBARAN DI KOREA

Sebenarnya tidak begitu banyak warga Korea yang beragama Islam. Jadi, perayaan Lebaran diadakan hanya di mesjid dan antara sesama muslim Korea. Biasanya warga Indonesia di Korea merayakan hari raya di KBRI. Setiap Lebaran, pihak KBRI menyediakan berbagai acara dan makanan untuk warga Indonesia di Korea. Maka pada hari raya Idul Fitri, mereka berkumpul di KBRI, lalu bersembahyang dan makan ketupat serta mengikuti berbagai acara hiburan. Di Korea, di dalam lingkungan KBRI, nuansa hari raya dapat dirasakan.

SISTEM PENDIDIKAN DI KOREA

Wajib belajar di Korea sampai SMP dan dibiayai oleh pemerintah. Iuran sekolah, buku pelajaran, dan makan siang semuanya gratis. Tapi baju seragamnya dibeli oleh siswa SMP dan SMA, sedang siswa SD memakai baju bebas. Namun siswa SD swasta memakai seragam. Biasanya sekolah swasta menyediakan fasilitas lebih lengkap dan canggih daripada sekolah negeri. Hal itu menyebabkan para siswa swasta membayar iuran sekolah yang cukup mahal. Berlainan dengan sekolah biasa, sekolah swasta menyediakan layanan antar jemput. Selain itu sekolah swasta menyediakan berbagai jenis ekstrakurikuler seperti bermain alat musik, berenang, dan sebagainya. Sementara sekolah negeri di daerah dan di kota tidak berbeda, baik dari segi kurikulum maupun biaya. Tapi sekolah swasta baik di kota maupun di daerah sangat berbeda-beda dari segi biaya, kurikulum, fasilitas, dll. Misalnya untuk SMA ada banyak jenis sekolah yang khusus seperti SMA bahasa asing, SMA sains, SMA seni, dll. Sekolah-sekolah itu tergolong swasta dan biaya pun sangat mahal. Kebanyakan sekolah khusus itu memilih siswanya melalui tes yang cukup sulit dan prestasi siswa waktu di SMP. Dan sekolah semacam itu menyediakan fasilitas asrama.

PEKERJAAN PART TIME UNTUK REMAJA

Masyarakat Korea secara resmi dapat bekerja mulai usia 18 tahun. Mereka yang berusia dibawah 18 tahun juga dibolehkan arbait(bekerja part time) asal ada persetujuan orang tua. Menurut undang-undang tenaga kerja di Korea tentang anak di bawah umur yang ingin bekerja, mereka dapat bekerja 7 jam sehari dan tidak boleh melebihi 40 jam untuk seminggu. Jika bekerja lembur, dibolehkan 1 jam sehari dan tidak boleh melebihi 6 jam seminggu. Mereka dapat beristirahat 30 menit jika bekerja 4 jam sehari. Dan beristirahat 1 jam jika bekerja 8 jam dalam sehari. Remaja tidak boleh bekerja pada malam hari mulai pukul 10 malam hingga 6 pagi. Jika perlu mempekerjakan remaja, majikan wajib mendapat izin dari kementerian Tenaga Kerja sebelumnya dan perlu juga persetujuan dari remaja yang akan bekerja. Mereka biasanya bekerja di pabrik, pom bensin, warung 24 jam seperti Seven Eleven, restoran yang tidak menjual minuman beralkohol, dll. Hukum tidak membolehkan anak di bawah umum bekerja di tempat-tempat seperti tempat minum alkohol, karaoke, tempat penginapan, salon, dan semacamnya. Masyarakat tidak mempunyai pendapat khusus mengenai remaja yang melakukan arbait baik positif maupun negatif. Pendapat negatif datang ketika ada remaja yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan statusnya sebagai pelajar. Tapi biasanya orang tua siswa, menginginkan anaknya agar lebih fokus pada pelajaran untuk masuk perguruan tinggi, sehingga mereka tidak setuju dan tidak berpandangan baik tentang remaja yang bekerja.

TEMPAT SAMPAH

Di Korea ada 3 jenis tempat sampah, yaitu tempat sampah biasa yang akan dibakar, tempat sampah didaur ulang, dan tempat sampah makanan. Masing-masing sampah harus dibuang di tempat sampah yang ditentukan. Maka sebelumnya sampah dipisahkan di rumah lalu dibuang ditempatnya pada hari yang ditentukan. Di jalan maupun tempat umum ada paling sedikit ada 2 tong sampah, satu untuk sampah biasa dan satu lain untuk sampah daur ulang. Selain itu ada satu tempat khusus untuk membuang baju, sepatu, tas bekas. Biasanya tong tempat itu tersedia di setiap perumahan. Barang yang tidak dipergunakan lagi boleh dimasukkan ke dalam tong itu. Tempat baju bekas itu biasanya dikelola oleh sebuah lembaga kesejahteraan yang diizin kantor kecamatan. Mereka mengumpulkan baju, sepatu, dan tas yang terkumpul di dalam tong lalu membedakannya dengan yang masih dipakai dan tidak bisa dipakai. Kalau yang masih dipakai, dibersihkan dulu kemudian dibagikan kepada orang yang diperlukan, misalnya, anak-anak panti asuhan, lansia di rumah jompo, dan sebagainya.

PENGOPERASIAN SUBWAY DI KOREA

ubway pertama di ibu kota Seoul adalah subway jalur 1 yang menyambung Seoul dengan beberapa kota madya di sekitar Seoul termasuk Incheon dan Suwon. Subway jalur 1 itu dioperasikan pada tahun 1974. Kini ada 9 jalur dan beberapa subway yang lain. Subway padaumumnya dioperasikan mulai setengah 6 pagi sampai sekitar jam 1 pagi. Tarif subway yang dasar adalah 1150 won dengan uang tunai dan 1050 won jika dibayar dengan kartu transportasi umum. Tarif dasar itu untuk jarak jauh 10 km. Kalau lebih dari 10 km itu ditambah 100 won. Kalau tidak mempunyai kartu transportasi yang diisi pulasa, penumpang harus membeli tiket berupa karu sebelum naik subway. Kartu itu dapat dibeli di mesin penjual karcis yang tersedia di stasiun. Anda perlu memilih tujuan anda pada layar mesin penjual itu dengan menyentuh layar. Kemudian anda masukkan jumlah karcis yang anda perlukan. Mesin itu akan memberitahu ongkos maka anda memasukkan jumlah ongkos ke dalam mesin. Setelah itu karcis akan keluar dari mesin. Di sini Ada hal yang penting harus anda ingat, yaitu ongkos tersebut akan ditambah uang jaminan 500 won. Dan 500 won itu akan dikembalikan di stasiun tujuan anda, Di sana ada sebuah mesin yang berfungsi untuk mengembalikan uang jaminan itu. Jika anda memasukkan kartu subway itu ke dalamnya, 500 won akan keluar.

KOMUNITAS INDONESIA DI KOREA

Di Korea ada komunitas yang melakukan kegiatan terkait dengan Indonesia meskipun tidak besar dan terkenal. Biasanya hanya beberapa orang Korea yang berpengalaman di Indonesia melakukan kegiatan komunitas itu. Melalui komunitas itu mereka saling tukar-menukar informasi tentang Indonesia dan mengenang kembali kenang-kenangan mereka selain belajar bahasa Indonesia bersama-sama. Kebanyakan komunitas yang giat di Korea focus pada bahasa Indonesia. Di samping itu ada beberapa perhimpunan mahasiswa dari jurusan Bahasa Melayu Indonesia di beberapa perguruan tinggi. Mereka mempelajari dan mempraktekkan seni budaya Indonesia dalam perhimpunan. Misalnya, perhimpunan menari tarian Indonesia dan menyanyi lagu Indonesia baik lagu pop maupun lagu daerah. Ada juga sebuah komunitas mahasiswa yang mencermati keadaan ekonomi dan sosial di Indonesia dengan kegiatan membaca majalah-majalah Indonesia.

MODERNISASI KEBUDAYAAN KOREA

Seperti bangsa-bangsa lain, bangsa Korea memiliki kebudayaannya sendiri dan itu dapat disebut kebudayaan asli mereka. Terutama, bangsa Korea hanya satu suku bangsa sehingga disebut juga Hanminjok, maksudnya satu bangsa. Maka, kebudayaan yang dimiliknya pun hanya satu. Namun demikian, kebudayaan Korea juga dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa lain, terutama kebudayaan Cina. Melalui Cina masyarakat Korea mengenal agama Buddha yang berasal dari India. Setelah bangsa Korea mulai menggunakan huruf Cina, mereka mengenal ajaran Konghuchu dan sastra Cina. Selain itu, bangsa Korea mulai mengenal kebudayaan Cina yang lain melalui pertukaran pengajar agama dan pelajar-pelajar, dll. Terutama pengaruh kebudayaan Cina yang kuat masih terlihat di bidang medis. Klinik medis Oriental yang disebut Haneiwon, obat tumbuh-tumbuhan yang disebut, Hanyak, dan akupungtur yang disebut Chim, semuanya telah berasal dari Cina. Sejak akhir zaman kerajaan Joseon ilmu dan peradaban dari Barat diperkenalkan kepada bangsa Korea. Kita dapat menemukan banyak unsur Barat dari kehidupan sehari-hari. Tapi, hal-hal itu disesuaikan pada kehidupan bangsa Korea juga. Memang dalam proses pertukaran kebudayaan seperti itu, kita dapat mengenal dan menikmati kemajuan. Pada zaman dahulu, budaya Korea dipengaruhi baik dari Cina maupun Barat, tapi sekarang Korea bisa mempengaruhi kebudayaan mereka. Sebagaimana kita telah ketahui K-pop telah terkenal di kawasan Cina dan negara-negara Eropa. Penggemar di sana suka menyanyi dan menari mengikut penyanyi K-pop. Malah, mereka meniru gaya rambut, pakaian dan tata-rias penyanyi K-pop itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan Panggilan Di KOREA (Kata ganti Orang)

di Korea kan banyak tuh kata-kata panggilan buat seseorang mulai dari Kakak ampe…nenek… hohoho…. sekarang aku mau bahas ini di sini… yaaah sekalian kita belajar…. jangan sampai kita salah nyebut orang… hehehehe yuk..cekidot ^^ eommonim(Baca: Ommonim)/ Eommoni: Ini panggilan buat ibu. bahasa ini formal banget. biasanya dipake buat anak yang nunjukin rasa hormat sama ibunya. kadang juga dipake sama menantu pada mertuanya. Eomma (Baca: Omma): klo ini panggilan akrab anak sama ibunya. ini nunjukin kalo hubungna anak dengan ibunya tuh deket banget. Aboji / Abonim: Klo ini panggilan anak kepada ayahnya. ini sama formalnya dengan eommonim. ini juga digunain buat nunjuki rasa hormat kepada sang ayah. Appa: Kalo ini panggilan akrabnya, antara anak dan ayah. Haraboji: Ini panggilan buat kakek. karena kakek itu yang paling tua di dalam istilah keluarga sudah pasti bahasa yang digunakan itu bahasa formal. dan ini termasuk sebutan formal untuk kakek. Halmoni: Ini panggilan buat Nenek. pr

Kamus Istilah – Istilah dalam FF ‘Length, PG , Chap, One Shot’

ISTILAH-ISTILAH DALAM FAN FICTION Hola^^ saya selaku author paling labil dan gaje ingin bow sebentar… *bow* dah kelar. Bagi kalian nih yang suka nulis FF alias Fanfiction.. aku punya berbagai istilah dalam dunia ke FF-an yang kalian mungkin masih belom ngeh.. atau yang menganggapnya gini ‘apa itu yadong?’ ‘ohh, merek yupi ya?’ ‘hah yaoi? Kok kayak nama sejenis ikan gitu ya?’ ‘apa merek shampoo masuk FF ckck’ Dan jika kalian termasuk orang kepo yang menyebalkan.. daripd ngepoin para pakar FF yg sentimental mending cekidot aja kamus istilahnya disini ya^^ monggo :D Ket: Tulisan ini sepenuhnya di copy-paste dari sini^^ FAN FICTION Fan Fiction atau biasa disebut fanfic, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak. Plot s

Penggunaan sufiks dalam nama-nama korea (-ah,-ya, ie, -ssi, nim)

1. -ah, -ya Adalah suffix yang biasanya digunakan untuk memanggil nama orang yang sederajat atau lebih rendah derajatnya dengan kita. Nama berakhiran konsonan memakai akhiran –ah, contoh : Shinong-ah. Sedangkan nama berakhiran vokal memakai akhiran –ya. Contoh : Donghae-ya. Diingatkan, suffix ini tidak boleh digunakan kepada orang dengan status sosial lebih tinggi. 2. -ie Adalah akhiran yang melekat pada akhir nama seseorang sebagai tanda kedekatan dan kasih sayang. Suffix ini hanya digunakan kepada nama-nama yang berakhiran konsonan saja, bukan berakhiran vokal. Contoh : Kibumie, Siwonie, Hyukie, Sungminie. (tidak memakai tanda -) Akhiran ini juga dapat dipakai dengan penggunaan seperti : Siwonie-hyung, Sungminie-hyung. 3. -ssi Akhiran –ssi digunakan kepada orang yang lebih tinggi derajatnya atau kepada orang yang kita hormati. Contoh : Leeteuk-ssi, Kangin-ssi. 4. -nim Suffix ini adalah sebuah panggilan formal. Biasa digunakan oleh saudara sedarah. Tapi se